Rabu, 16 Maret 2011

12 prinsip animasi

Seharusnya bahasan ini sudah ditulis dari awal-awal, kalau memang mau fokus menulis tentang animasi. Karena 12 prinsip ini krusial sekali dalam animasi. Tapi karena banyak bla bla bla, akhirnya baru sempat nulis tentang prinsip animasi. :P
Well, mumpung males belum datang lagi, mari dilanjut.... :)

Jadi, awalnya 12 prinsip dasar animasi ini diciptakan pada tahun 1930-an oleh eyang-eyang dari Walt Disney, yaitu eyang Ollie Johnston dan eyang Frank Thomas (pas itu, mereka masih muda), dan dikenalkan pertama kali pada tahun 1981 lewat buku mereka The Illusion of Life: Disney Animation. btw, gw lagi nyari2 hardcopy buku ini. ada yang punya?

Walaupun buku ini dibuat dari jaman baheula, bukan berarti ilmunya nggak relevan dengan animasi sekarang. Oke lah, 12 prinsip ini diciptakan untuk mendukung pembuatan animasi tradisional jaman itu. Namun, sampai saat ini pun, 12 prinsip dasar animasi masih sangat relevan untuk diaplikasikan pada animasi komputer sekalipun.

ke 12 Prinsip Dasar Animasi, adalah:
1. Timing
2. Slow in dan Slow out (kalo ga salah, istilahnya adalah spacing)
3. Arcs
4. Straight ahead action dan Pose to pose
5. Squash dan stretch
6. Anticipation
7. Follow through dan overlapping action
8. Staging
9. Exaggeration
10. Secondary action
11. Appeal
12. Solid drawing

ke 12 prinsip itu tadi, tidak harus semua-muanya di aplikasikan sekaligus ke setiap bentuk animasi. Jadi, jangan dianggap 12 prinsip dasar ini sebagai todo list, ketika beranimasi. Namun, jadikan ini sebagai panduan. Beberapa action dalam animasi, mungkin hanya membutuhkan beberapa prinsip saja dari ke 12 prinsip di atas.

Semuanya sih penting. Namun menurut saya, ada beberapa prioritas yang harus diutamakan dari ke 12 prinsip di atas. Dan list diatas, saya tulis berdasarkan prioritas saya.hehe :P

Pembahasannya menyusul.
InshaAllah, nanti saya bahas satu persatu (biar post-nya banyak :P )...
semoga bermanfaat :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar